Minggu, 01 Januari 2012

Membuat Aquarium Murah Meriah

    Pernah melihat aquarium yang mewah atau yang biasa-biasa saja,sampai-sampai anda ingin membuatnya?atau ingin diangkut dan dibawa saja kerumah sekalian?yups,itulah yang terjadi pada saya.Awal ketika bermain ke rumah teman punya aquarium,padahal sederhana desainnya isinya pun sedikit bila dibandingkan dengan aquarium yang ada di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur.(hehehe..iyalah masa kelas rumahan dibandingkan sama kantoran).
    Makin ingin punya lagi setelah melihat ada tetangga kanan-kiri baru punya aquarium (bukannya iri lho!).Usut punya usut ternyata biaya yang dikeluarkan sangat hemat,kurang lebih 150-250rb sudah termasuk aksesorisnya (filter,kapas fiter dan ikan).Oke inilah rinciannya,


1.Beli aquarium di tukang kaca.
     Pada umumnya tukang kaca pasti bisa membuat aquarium.Yang kita perlukan hanya menyebutkan desain dan ukuran aquarium yang kita kehendaki. Jangan berharap hari ini kita pesan,hari ini juga bisa jadi! Minimal hari esoknya baru bisa bawa pulang.Untuk harga dijamin lebih murah dengan aquarum yang sudah jadi. Contoh saya membeli aquarium ukuran 60cmx35cmx35cm (PxLxT) dengan ketebalan 0,5cm hanya Rp 75.000, dengan spec seperti itu atau mendekati ,membeli di luar bisa sampai 150-250rb!

2.Pump Filter.
     Filter yang saya gunakan adalah merk Hai Long type H-380 dengan harga Rp 35.000.

3.Kapas Filter
     Untuk kapas filter harganya bervariasi dari Rp 2.000- Rp 5.000.

4.Ikan.
     Karena tujuan awal saya,
untuk sekarang ini senang dengan ikan hias yang ukurannya kecil, maka saya membeli 2 ikan mas kecil (Rp 5.000), 2 ikan mas koki jambul (Rp 10.000), 10 ikan neon tetra ( Rp 20.000), 4 ikan guppy (Rp 20.000).

5.Lampu Aquarium.
Merk Degenbao 6 watt, 3 warna hjau-merah-biru saya beli dengan harga Rp 35.000.

Inilah hasilnya gambarnya :








       Biaya yang saya keluarkan dari data di atas untuk membuat aquarium total Rp 205.000. Dengan biaya seperti itu bagi saya sudah bisa mengurangi rasa lelah ataupun stres dengan melihat ikan-ikan yang berenang dan suara gemericik air..damainya..

       Bagaimana, aquariumnya sudah lumayan bagus kan? Aquarium ini sudah 2 bulan belum saya kuras,jadi seperti di gambar airnya sudah mulai keruh, tapi masih menarik di pandang lho! Biasanya untuk seorang pemula yang baru dan mengenal aquarium, airnya 2 sampai 3 hari sudah keruh sekali (itu juga terjadi pada saya). Untuk postingan berikutnya saya akan menulis tips yang saya lakukan agar air di aquarium tidak cepat keruh.

23 komentar:

  1. Balasan
    1. Aamiin.semoga tidak seperti blog ini juga yg sempat telantar,tks.

      Hapus
  2. Mungkin kalo mau air'a jernih/bening dengan kualitas air yg baik.
    Anda bisa menggunakan side filter...
    Nggk perlu jual akuarium lama anda dan membeli yang baru yg sudah tersedia side filter'a.
    Anda cukup bikin akuarim mini untuk filtrasi air...tukang kaca yg biasa bikin akuarium pasti tau ko..ukuran yg ideal untuk membuat filter akuarium.
    Nahh...adapun bahan2 yg dapat anda gunakan untuk melakukan filtrasi air akuarium.
    1. kapas/jet mad.
    2. zeolit.
    3. Bioball.
    4. Arang batok.
    Berikut susunan bahan2 yg harus d letakan dalam filter (susunan dari bawah).
    1. kapas (secukupnya).
    2. Bioball secukupnya.
    3. Zeolit (secukupnya dan sudah di cuci terlebih dahulu).
    4. Arang batok (secukupnya dan sudah di cuci terlebih dahulu).
    5. Kapas/jet mad.
    Sistem penyedotan air dengan menggunakan pompa filter yg sudah anda miliki.
    Dengan menggunakan filter di atas anda tidak perlu sering2 menguras akuarium.
    Minimal anda mengganti airnya saja,sekitar 80% air lama di ganti 80% air baru dalam kurun waktu 7 hari 1 kali dan pembersihan filter di saat anda melakukan pergantian air.
    demikin tips dari saya.
    Mungkin bisa anda praktekan d akuarium anda.
    Thx

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas sarannya, blm saya coba, maklum saya maunya yg simpel.Klo boleh tahu berapa harga masing2 item ya?

    BalasHapus
  4. Asslkm,

    Klo mo beli Kaca nya yg murah di mana ya???


    Thanks..

    BalasHapus
  5. bro bikin aquarium yg murah dmn itu bro..? infonya dongg thx

    BalasHapus
  6. Berhubunga ane tgl di bekasi timur & yg dekat rumah ada tukang kaca di perumnas 3 bekasi

    BalasHapus
  7. jd pgen punya aquarium ne

    BalasHapus
  8. Klo mnurut saya.. Mending beli etalse bekas aja.. Paling 250 ribu dapet, yg pnting kaca nya. Trus buat akuarium tuh etalase.. Pasti unik n besar jadinya.. Biar supaya lebih bagus.. Di modif lagi akurium ala etalase nya.. Hehe.

    BalasHapus
  9. jgan pke batu warna bro..mnding pake pasir silika..lebih natural..

    BalasHapus
  10. Iya...dan kertas backgroundnya hitam...spy warna ikan lebih keluar apalagi ditambah pohon2 air..lebih alami..pohon air harganya 5000

    BalasHapus